16 Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Paling Lengkap

Contoh Surat Perkenalan Perusahaan – Ada peribahasa mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Untuk itu, maka diperlukan lah perkenalan yang akan bisa mendekatkan dua orang agar bisa saling mengenal dengan lebih detail. Namun hal ini tidak hanya berlaku untuk personal saja, bahkan dalam dunia bisnis sekalipun hal ini berlaku. Maka dari itulah, banyak perusahaan yang menggunakan surat perkenalan perusahaan.

Surat perkenalan perusahaan bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kita kepada pihak lain ataupun kepada perusahaan lain. Anda pun bisa memperkenalkan nama perusahaa anda, jenis barang yang diproduksi atau jasa yang disediakan, dan berbagai informasi penting lainnya. Jika anda merupakan produsen suatu barang, maka anda bisa memberitahukan apa saja barang yang anda produksi. Sementara untuk perkenalan barang, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat perkenalan produk atau barang.

Mungkin banyak orang berpikir jika surat perkenalan ini hanya dipergunakan oleh perusahaan atau badan usaha yang masih baru berdiri saja, namun tidak demikian adanya. Walaupun perusahaan anda sudah lama berdiri, tidak ada salahnya memperkenalkan perusahaan kepada pihak lain yang berpotensi bisa menjadi pelanggan anda, baik itu pembeli barang ataupun pengguna jasa yang anda sediakan.

Penggunaan surat niaga memang sangat penting adanya untuk sebuah perusahaan atau badan usaha. Semakin banyak pelanggan, maka keuntungan yang bisa didapatkan oleh sebuah perusahaan akan semakin besar juga. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda menggunakan surat perkenalan perusahaan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan perusahaan lain.

Contoh Surat Perkenalan Perusahaan

Mengembangkan dan memajukan sebuah perusahaan tentu bukanlah hal yang mudah. Anda harus memiliki strategi marketing yang bagus, agar bisa mendapatkan pelanggan yang banyak dan bersedia menjadi langganan tetap anda. Maka hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menjalin komunikasi, salah satunya dengan mengirimkan surat perkenalan kepada perusahaan lain.

Terlebih jika perusahaan anda masih perusahaan yang masih baru berdiri, tentu belum banyak orang yang tahu akan keberadaan perusahaan anda, produk atau jasa yang anda tawarkan, dan informasi mengenai perusahaan anda. Untuk mengirimkan surat perkenalan perusahaan kepada pihak lain, maka beberapa contoh surat perkenalan perusahaan di bawah ini mungkin bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Baru

Suatu perusahaan baru haruslah bisa menjalin komunikasi yang baik dengan para pihak – pihak yang berpotensi menjadi pelanggan anda. Jadi, anda pun bisa memulainya dengan mengirimkan surat perkenalan perusahaan baru lengka dan detail, serta memberitahukan apa saja produk yang anda produksi atau jasa yang anda sediakan.

PT. MAJU JAYA ADVERTISING
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayaadv@gmail.com
Website : majujayaadv.com

Medan, 21 November 2019

Nomor : 123/MJA/11/2019
Perihal : Perkenalan Perusahaan
Lampiran : 1 Buah Katalog

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan, kami adalah PT. Maju Jaya Advertising, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan advertising, seperti percetakan profile perusahaan, katalog, baliho dan banner, serta berbagai alat peraga dan periklanan lainnya yang beralamat di Kota Medan.

Perusahaan kami sudah berdiri sejak tahun 2000 silam dan telah memiliki banyak pelanggan di berbagai kota di Indonesia. Kami juga sudah memiliki 30 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota – kota besar. Sejak memulai berdirinya perusahaan ini, kami selalu berusaha memberikan kepuasan kepada client, terutama soal kualitas dan harga.

Pada kesempatan yang baik ini, kami pun berharap kirannya kita bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan untuk kedua perusahaan. Bersama ini kami pun sudah melampirkan 1 buah katalog mengenai profil perusahaan kami, serta beberapa testimoni dari para client kami.

Demikianlah surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Advertising,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Kontraktor

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor. Jasa yang ditawarkan oleh para kontraktor ataupun barang yang disediakan juga tentu berbeda – beda. Dan jika anda ingin memperkenalkan perusahaan kontraktor anda kepada pihak atau perusahaan lain, anda pun bisa menggunakan surat perkenalan perusahaan kontraktor di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 21 November 2019

Nomor : 123/MJS/11/2019
Perihal : Perkenalan Perusahaan
Lampiran : 1 Katalog

Kepada Yth,
Pimpinan Toko Bangunan Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama ini kami ingin memperkenalan perusahaan kami, PT. Maju Jaya Sejahtera yang bergerak di bidang kontaktor, yaitu pengadaan barang – barang dan bahan bangunan terbesar di kota Medan, seperti mechanical electrichal, alat – alat safety, sparepart, general trading dan suppliers.

Dalam kesempatan yang baik ini, kami pun ingin menyampaikan harapan kami untuk bisa menjadi salah satu supplier barang dan bahan bangunan di perusahaan Bapak/Ibu. Kami selalu memperhatikan kualitas dari bahan bangunan yang kami jual, serta selalu mengutamkan kepuasan para pelanggan kami. Bersama ini kamipun sudah melampirkan 1 buah katalog untuk Bapak/Ibu.

Sejak berdiri pada tahun 2000, perusahaan kami ini sudah memiliki banyak pelanggan dan client di berbagai kota besar di Indonesia. Kami memenuhi permintaan dan memasok berbagai bahan bangunan untuk kebutuhan industri bangunan.

Demikian surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Jasa

Perusahaan tidak selalu memproduksi dan menjual barang. Ada juga banyak perusahan penyedia jasa yang bergerak di Indonesia. Dikarenakan banyaknya perusahaan jasa yang menyediakan jasa yang sama, maka persaingan juga tentu akan semakin tinggi. Maka anda pun harus pintar dalam mencari pelanggan, salah satunya dengan mengirimkan surat perkenalan perusahaan jasa kepada pihak yang berpotensi menjadi pelanggan anda.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
SERVICE AND MAINTENANCE AC

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 21 November 2019

Nomor : 123/MJS/11/2019
Perihal : Perkenalan Perusahaan
Lampiran : 1 Katalog

Kepada Yth,
Manajamen Hotel Angkasa
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan, kami adalah PT. Maju Jaya Sejahtera, yang bergerak di bidang service dan maintenance perangkat AC di kota Medan, yang melayani perbaikan AC dan perawatan AC secara rutin. Perusahaan kami memiliki banyak teknisi AC yang handal dan berpengalaman di bidangnya, sehingga bisa memberikan kepuasan kepada para client kami.

Dalam kesempatan yang baik ini, kami pun bermaksud menyampaikan keinginan kami agar suatu saat nanti bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan Hotel Bapak/Ibu. Bersama ini kami pun sudah melampirkan 1 buah katalog mengenai profile perusahaan kami dan jenis – jenis jasa yang kami sediakan.

Perusahaan kami sudah berdiri selama kurang lebih 25 tahun dan bisa memberikan perawatan prima terhadap perangkat AC. Kami akan melakukan perawatan dan pengecekan rutin setiap bulan, lalu memberikan laporan kepada client setiap akhir bulan. Dan untuk penggantian sparepart, akan kami koordinasikan terlebih dahulu dengan para client kami.

Demikian surat perkenalan ini kami perbuat, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Jasa Konstruksi

Di tengah gejolak pembangunan industri dan bangunan sekarang ini, perusahaan jasa konstruksi juga semakin menjamur. Tentu saja usaha seperti ini memang sangat menggiurkan, namun anda tidak boleh lupa jika persaingan juga sangatlah ketat. Jika anda tidak pintar dalam mencari client, dan menjalin komunikasi yang baik dengan mereka, maka anda pun akan kalah saing dengan perusahaan jasa konstruksi yang lainnya.

PT. MAJU JAYA CONSTRUCTION
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 21 November 2019

Nomor : 123/MJC/11/2019
Perihal : Perkenalan Perusahaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Bersama ini, kami ingin memperkenalkan perusahaan kami, PT. Maju Jaya Construction, perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi, seperti pembangunan gedung kantor, pembangunan perumahan, pembangunan mall, dan lain sebagainya di kota  Medan dan diluar kota Medan.

Dalam kesempatan yang baik ini, kami pun bermaksud menyampaikan keinginan kami untuk kirannya bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu suatu hari nanti. Kami selalu berusaha memberikan kepuasan pelanggan kami, dengan memberikan kualitas pekerjaan yang baik dan sesuai dengan perjanjian antara kedua belah pihak yang sudah disepakati.

Sejak berdiri dari tahun 2000 lalu, kami sudah memiliki 25 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kepercayaan para client kepada kami dalam mengerjakan proyek tertentu. Ketika mereka mendapatkan kepuasan dan menggunakan jasa kami, maka begitulah cara kami tetap bisa berkembang dan bisa bertahan sampai sekarang.

Demikian surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Construction,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Perkenalan Perusahaan Jasa Event Organizer

Perusahaan jasa Event Organizer mungkin tidak sebanyak perusahaan penyedia jasa lainnya, seperti perusahaan penyedia jasa konstruksi ataupun jasa service. Namun tetap saja perusasahaan jasa ini memiliki pasar tersendiri yang juga tidak bisa dianggap sepele. Terbukti, sangat banyak orang menggunakan jasa event organizer ketika mengadakan berbagai acara besar dan meriah.

MAJU JAYA EVENT ORGANIZER
PERNIKAHAN, ULANG TAHUN, DLL

Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayaeo.com

Medan, 21 November 2019

Nomor : 123/MJEO/11/2019
Perihal : Perkenalan Perusahaan

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Perkenalkan, kami adalah perusahaan dengan nama Maju Jaya Event Organizer, yang menyediakan jasa event organizer untuk pernikahan, perayaan ulang tahun personal ataupun ulang tahun perusahaan, gathering, konser musik, dan berbagai acara lainnya.

Perusahaan kami sudah berdiri selama kurang lebih 23 tahun dan tentu sudah memiliki banyak pengalaman di bidang event organizer. Kami sudah memiliki banyak client di berbagai kota, dan juga telah memiliki 15 kantor cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Semua itu tidak terlepas dari kepercayaan para client yang mempercayakan acara mereka kepada kami dikarenakan merasa puas dengan layanan yang kami sediakan.

Pada kesempatan yang baik ini, kami pun bermaksud menyampaikan keinginan kami agar suatu saat nanti bisa menjadi penyelenggara dari berbagai acara perusahaan Bapak/Ibu. Bersama ini, kamipun sudah melampirkan satu buah katalog mengenai profile perusahaan kami.

Demikian surat perkenalan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Pimpinan Maju Jaya Event Organizer,

Anton Syahputra.

Penutup

Penggunaan berbagai contoh surat niaga memang sangat diperlukan demi kemajuan suatu perusahaan, salah satunya adalah contoh surat perkenalan perusahaan. Anda tentu akan kesulitan mendapatkan pelanggan atau client jika tidak bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pihak lain. Itulah tadi beberapa contoh surat perkenalan perusahaan yang bisa anda pergunakan sebagai media promosi perusahaan, baik penyedia barang ataupun perusahaan penyedia jasa.