16 Contoh Surat Permohonan Maaf Pribadi dan Perusahaan

Contoh Surat Permohonan Maaf – Ketika kita merasa berbuat kesalahan terhadap orang lain atau pihak lain, maka sudah selayaknya bagi kita untuk meminta maaf. Walaupun tidak bisa dipungkiri jika banyak orang yang gengsi atau merasa sungkan untuk meminta maaf, namun perbuatan meminta maaf adalah perbuatan yang sangat mulia. Bukan hanya dalam urusan personal saja, namun permintaan maaf juga sangat dibutuhkan dalam urusan formal.

Bukan hal yang mustahil jika sebuah perusahaan misalnya berbuat kesalahan kepada pihak atau perusahaan lain, baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Namun sekalipun kesalahan tersebut tidak disengaja, maka sudah sepatutnya bagi perusahaan tersebut untuk meminta maaf, demi menjaga dan menjalin kerjasama yang baik yang sebelumnya mungkin sudah terjalin lama. Permintaan maaf inipun bisa dilakukan dengan cara menggunakan berbagai contoh surat permohonan yang berisikan permintaan maaf.

Selain itu, surat permohonan maaf juga bisa dipergunakan kepada guru, kepada dosen, kepada teman/sahabat, ataupun kepada berbagai pihak lain. Surat permohonan maaf ini juga bisa berupa surat resmi maupun surat tidak resmi. Jika anda mewakili perusahaan, maka harus menggunakan surat permintaan maaf resmi, namun bisa menggunakan surat permohonan maaf non formal/tidak resmi jika hanya karena urusan personal/pribadi saja.

Surat permohonan maaf juga bisa digunakan oleh pihak instansi pemerintah kepada instansi pemerintah lainnya. Juga bisa dipergunakan oleh pihak perseorangan kepada pihak instansi ataupun kepada lembaga tertentu. Salah satu contohnya adalah seorang mahasiswa yang membuat surat permintaan maaf keterlambatan pembayaran uang kuliah kepada pihak kampus, dan masih banyak lagi.

Contoh Surat Permohonan Maaf

Lantas, bagaimana caranya menulis surat permintaan maaf yang baik dan benar?. Sebenarnya tidaklah terlalu susah dan tidak berbeda dengan jenis – jenis surat lainnya. Jika anda ingin sekedar meminta maaf kepada sahabat, maka bisa menggunakan bahasa sehari – hari saja. Namun jika anda ingin meminta maaf atas nama perusahaan atau instansi kepada pihak lain, maka harus menggunakan tata cara penulisan dan struktur penulisan surat resmi seperti pada umumnya. Mengenai pengertian surat permohonan juga sudah pernah kami bahas di postingan sebelumnya.

Bagi anda yang sudah bekerja dan mengurusi bagian surat menyurat, maka tentu sudah terbiasa dengan berbagai jenis dan macam serta contoh surat. Namun jika anda baru pertama kalinya akan menulis surat permohonan maaf, ataupun merupakan siswa/mahasiswa yang mendapat tugas untuk menulis surat permohonan maaf, maka beberapa contoh surat permohonan maaf di bawah ini mungkin bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Guru

Sebagai seorang siswa/murid, bisa saja berbuat kesalahan kepada gurunya yang berujung masalah ataupun hanya sekedar mendapat hukuman dari guru. Dan sebagai siswa yang sadar akan kesalahan, serta berniat baik dan ingin memperbaiki kesalahan, maka anda pun bisa meminta maaf kepada guru dengan mengirimkan surat permohonan maaf untuk guru yang bersangkutan.

Medan, 15 Januari 2020

Kepada Yth,
Ibu Intan Permatasari
di Tempat

Dengan hormat,
Perkenalkan Bu, namaku Anton Syahputra, salah satu siswa tadi siang yang mendapat hukuman dari Ibu karena tidak mengerjakan PR Matematika.

Dengan ini saya bermaksud mengakui kesalahan yang sudah kami perbuat, khususnya saya dengan tidak mengerjakan pekerjaan rumah yang seharusnya sudah menjadi tanggung jawab saya sebagai seorang siswa. Saya juga sadar jika hukuman yang saya dapatkan semuanya demi kebaikan saya ke depannya.

Saya pun bermaksud meminta maaf kepada Ibu dan berharap Ibu bisa memaafkan kesalahan saya. Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut di kemudian hari, agar nantinya bisa mendapatkan nilai yang baik dalam semua pelajaran.

Saya berharap agar Ibu senantiasa dalam keadaan sehat dan selalu sabar dalam menghadapi kami para siswa, dengan semua kesalahan dan kenakalan yang mungkin sering membuat Ibu kecewa.

Sekali lagi, saya ingin meminta maaf kepada Ibu, dan mohon maaf jika sekirannya saya sudah mengganggu waktu ibu dengan mengirimkan surat ini.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

2. Contoh Surat Permohonan Kepada Teman/Sahabat

Memiliki seorang sahabat/teman, bukan berarti semuanya akan langgeng – langgeng saja dan tidak ada masalah. Bisa saja dikarenakan hal sepele, anda dan teman anda bermasalah, yang mengakibatkan pertemanan/persahabatan kalian terancam. Jika memang demikian, ada baiknya anda segera meminta maaf kepada teman/sahabat, demi berlanjutnya persahabatan kalian.

Medan, 20 Januari 2020

Kepada Intan Sahabatku
di Tempat

Hai Intan,
Apa Kabar?, Aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat dan tidak kekurangan satu apapun juga yah.

Oh ya Intan, melalui surat ini aku bermaksud untuk meminta maaf samamu, atas kejadian tadi siang di sekolah. Sama sekali aku tidak bermaksud merusak persahabatan kita hanya karena masalah seperti ini, dan aku tidak ingin masalah kita berlarut – larut dan mengancam persahabatan kita berdua.

Jika boleh jujur, sebenarnya aku hanya bermaksud untuk menjahili kamu saja dan tidak bermaksud menghina kamu. Semua itu kulakukan hanya sebatas bercanda sebagai seorang teman, namun aku sadar jika candaanku sudah kelewatan dan membuat kamu marah.

Kita sudah bersahabat sejak kecil dan kamu sudah kuanggap seperti saudara dan keluargaku sendiri. Aku sama sekali tidak mau jika persahabatan kita harus berakhir disini saja, makanya aku ingin meminta maaf samamu. Kamu mau maafin aku kan Intan?.

Sekian dulu suratku ini ya Intan, aku harap kamu sudah kembali tertawa besok di sekolah dan kita berdua melupakan masalah ini. Biarlah masalah ini menjadi pelajaran bagi saya dan menjadi pelajaran demi kelanggengan persahabatan kita.

Sahabatmu,

Dewi Cahaya.

3. Contoh Surat Permohonan Maaf Resmi

Ada banyak pihak yang bisa menggunakan surat permintaan maaf secara resmi dan harus menggunakan surat resmi. Salah satu contohnya adalah perusahaan yang melakukan kesalahan dengan mengirimkan barang yang tidak sesuai dengan pesanan kepada pelanggan mereka. Untuk itu, maka perusahaan tersebut pun bisa mengirimkan surat permintaan maaf secara resmi kepada pelanggan mereka tersebut.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 Januari 2020

Nomor : 123/PM/MJS/2020
Perihal : Permohonan Maaf

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Pemilik Toko ATK PINTAR
Jl. Perjuangan No. 123
MEDAN

Dengan hormat,
Sehubungan dengan kesalahan pengiriman barang pesanan yang kami lakukan pada 15 Januari 2020 dengan surat pesanan bernomor 123/SP/ATKP/2020, kami mengakui jika kesalahan barang tersebut adalah murni merupakan kesalahan kami, dan kami meminta maaf atas kesalahan yang sudah kami lakukan, yang mungkin membuat Bapak Muhammad Ilham kurang nyaman.

Sebagai bentuk pertanggung jawaban kami, untuk itu kami akan mengirimkan kembali barang – barang yang sesuai dengan pesanan Bapak Muhammad Ilham, dan mengambil barang yang tidak sesuai yang sudah kami kirimkan terdahulu. Pengiriman barang ini kembali juga akan menjadi tanggung jawab kami dan kami tidak membebankan biaya apapun kepada Bapak.

Kami berharap Bapak Muhammad Ilham bisa memaklumi kesalahan kami ini dan tidak mengganggu kerjasama kita ke depannya. Kami berharap agar kerjasama antara perusahaan kami dan toko ATK PINTAR bisa berjalan seperti biasa.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas perhatian dan maklumnya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Permohonan Maaf Kepada Dosen

Tidak berbeda jauh dengan antara guru dan siswa, antara mahasiwa dan dosen juga seringkali kita temukan permasalahan. Namun kebanyakan masalah tersebut dikarenakan kelalaian dari mahasiswa yang bersangkutan. Dan jika anda sebagai seorang mahasiswa merasa sudah melakukan kesalahan terhadap dosen, anda pun bisa membuat surat permohonan maaf kepada dosen tersebut agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

SURAT PERNYATAAN PERMOHONAN MAAF

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIM:8976535543
Jurusan:Statistika
Semester:8 (Delapan)
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

dengan ini bermaksud meminta maaf kepada Bapak Prof. Muhammad Ilham, selaku Dosen Pembimbing saya di Universitas Maju Sejahtera, dimana sudah terlambat memberikan Laporan Praktek Kerja Industri. Saya juga berjanji untuk segera menyelesaikan laporan tersebut, sesuai dengan persyaratan dan batas waktu yang sudah ditentukan oleh Bapak Prof. Muhammad Ilham dan pihak Universitas Maju Sejahtera.

Demikian surat permohonan maaf ini saya perbuat dengan sebenar- benarnya dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Medan, 20 Januari 2020

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Permohonan Maaf Keterlambatan

Ada banyak jenis keterlambatan, namun untuk contoh ini kita ambil contoh kasus keterlambatan pembayaran pada suatu perusahaan. Ada banyak perusahaan yang membeli barang dari perusahaan lain dengan cara pembayaran beberapa waktu setelah barang diterima. Namun jika anda mengalami kendala pembayaran, maka anda pun bisa mengirimkan surat permohonan keterlambatan pembayaran seperti contoh di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

Medan, 20 Januari 2020

Nomor : 123/PM/MJS/2020
Perihal : Permohonan Maaf


Kepada Yth,
Pimpinan PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Medan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan tenggat waktu pembayaran untuk barang pesanan kami dengan nomor invoice 123/INV/SM/2020, maka invoice tersebut sudah harus kami bayarkan pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang.

Namun dikarenakan gudang kami mengalami kebanjiran, maka dengan sangat menyesal kami harus menyampaikan jika kami masih tidak bisa membayar invoice tersebut dengan tepat waktu. Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan pembayaran ini dan kami berjanji akan segera melunasi invoice tersebut pada tanggal 30 Januari 2020 mendatang.

Kami berharap keterlambatan pembayaran ini tidak mengganggu kerjasama yang sudah terjalin antara kedua perusahaan. Kami juga sangat berharap agar Bapak/Ibu bisa memaklumi keadaan perusahaan kami, yang mana dikarenakan kebanjiran gudang barang.

Demikian surat permohonan maaf ini kami sampaikan, atas perhatian dan maklumnya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

Penutup

Penggunaan surat permintaan maaf memang bukanlah sesuatu hal yang baru, baik untuk urusan personal maupun untuk urusan perusahaan. Demi kelanggengan hubungan ataupun kerjasama, maka sudah sepatutnya anda memohon maaf atas kesalahan sekecil apapun yang sudah terjadi. Itulah tadi beberapa contoh surat permohonan maaf yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.