16 Contoh Surat Teguran PNS Disiplin & Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Teguran PNS – Sebagai seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil, maka tentu harus mematuhi semua peraturan yang sudah ditetapkan. Memang harus diakui jika peraturan pada sebuah perusahaan swasta, jauh lebih ketat dari pada peraturan untuk pegawai negeri sipil. Namun jika berbuat kesalahan di lingkungan pekerjaan, maka bukan tidak mungkin para pns akan menerima surat teguran pns dari atasan.

Ruang lingkup kerja PNS sangatlah luas, dan tidak terbatas hanya pada instansi pemerintahan saja. Ada banyak anggota ASN atau Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di banyak bidang. Selain di instansi pemerintahan, pada rumah sakit tertentu juga kita bisa menemukan pegawai negeri sipil, pada puskesmas, sekolah, dan beberapa lembaga lainnya.

Adakalanya juga antara satu lembaga dengan lembaga yang lainnya terdapat perbedaan peraturan. Misalnya saja, seorang guru PNS mungkin diwajibkan masuk kerja selama 6 hari kerja dalam seminggu, berbeda dengan PNS di instansi pemerintahan yang hanya bekerja selama 5 hari kerja saja dalam seminggu. Namun di sisi lain, seorang guru PNS mungkin sudah bisa pulang pada jam 14.00, sementara PNS instansi pemerintahan baru bisa pulang kerja sekitar jam 16.30.

Maka dari itu, peraturan dan tata tertib dimana anda bekerja, tetaplah harus anda patuhi dan tidak boleh dilanggar. Jika ketahuan melanggar peraturan dinas, maka bukan tidak mungkin akan diberikan surat teguran disiplin pns dari atasan. Bahkan bila kesalahan tersebut sudah melewati batas tolerir, bisa saja anda akan diberikan contoh surat peringatan, dimana terdapat surat peringatan 1, surat peringatan 2, bahkan surat peringatan 3 atau surat pemberhentian kerja.

Cara Membuat Surat Teguran PNS

Pada umumnya, menulis surat teguran pns tidaklah terlalu susah. Selain itu, setiap instansi atau lembaga pemerintahan juga biasanya sudah memiliki format teguran tertulis pp 53 tahun 2010. Jadi, pimpinan instansi atau lembaga pun tinggal mengisi beberapa bagian yang kosong saja dan melayangkan surat teguran tersebut kepada yang bersangkutan.

Mengapa harus berpatokan pada Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010?. Hal ini dikarenakan pada peraturan tersebutlah diatur semua mengenai hal hal yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan oleh pns. Berikut adalah cara membuat surat teguran pns yang bisa anda praktekkan.

  1. Menganalisa kesalahan yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil dan menentukannya terkait dengan pasal berapa mengacu pada pp 53 tahun 2010,
  2. Mempersiapkan format surat teguran tertulis pp 53 tahun 2010,
  3. Mengisi format surat teguran pns, berupa data diri anggota asn yang melanggar, pasal yang dilanggar, serta hukuman yang diberikan,
  4. Surat teguran selanjutnya ditanda tangani oleh pimpinan, untuk kemudian distempel,
  5. Melayangkan surat teguran pns kepada yang bersangkutan, yakni anggota asn yang melanggar salah satu atau beberapa poin dari pp 53 tahun 2010.

Jadi, anda tentu tidak akan kesulitan dalam menulis surat teguran tertulis ini. Hanya dalam beberapa langkah saja, anda sudah bisa langsung menyerahkan atau melayangkan surat tersebut kepada yang bersangkutan.

Contoh Surat Teguran PNS

Lantas, apa saja yang perlu disiapkan untuk menulis surat teguran PNS?. Tentu saja kesalahan dari pegawai negeri sipil itu sendiri yang harus diperjelas dan berdasarkan data. Jika sudah menemukan pelanggaran yang dilakukan, maka anda pun selanjutnya bisa mengkonsep contoh surat teguran yang akan dilayangkan kepada pns yang bersangkutan.

Bagi anda para atasan atau kepala dinas/kepala lembaga tertentu, mungkin sudah terbiasa menggunakan surat teguran pns tidak masuk kerja atau surat teguran disiplin pns. Namun bagi anda yang masih sekolah atau merupakan mahasiswa dan mendapat tugas untuk menulis surat teguran, maka tentu akan membutuhkan bahan contoh. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat teguran pns yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Teguran PNS PP 53 Tahun 2010

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 berisikan Peraturan Pemerintah Tentang Pegawai Negeri Sipil. Ada banyak sekali peraturan yang ditetapkan pada peraturan pemerintah ini, yang tentunya harus dipatuhi dan ditaati oleh semua pegawai negeri sipil, dimanapun mereka bekerja. Jadi, surat teguran pns pp 53 tahun 2010 sudah mencakup teguran berbagai kesalahan pns. Dan dibawah ini adalah contoh surat teguran pns pp 53 tahun 2010 yang bisa anda pergunakan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/Pemkot/11/2019

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan memandang perlu mengeluarkan surat teguran kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:987868 9889 4532
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Kepala Bagian Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Mahameru No. 123, Medan

Atas pelanggaran yang dilakukan berupa :

  1. Melanggar disiplin PNS dengan memberikan dukungan kepada Calon Presiden/Wakil Presiden Tahun 2019, berupa pemberian cendramata dari salah satu pasangan Calon Presiden/Wakil Presiden kepada para bawahannya.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010, Pasal 4 No. 13 yang berbunyi, memberikan dukungan kepada Calon Presiden/Wakil Presiden, dengan cara :

  1. Membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon selama masa kampanye, dan/atau,
  2. Mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap pasangan calon yang menjadi peserta pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa kampanye meliputi pertemuan, ajakan, himbauan, seruan, atau pemberian barang kepada PNS dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Atas perlanggaran tersebut, maka dengan sangat terpaksa kami harus memberikan surat teguran kepada yang bersangkutan, dan berharap tidak mengulanginya di kemudian hari.

Surat teguran ini berlaku selama 3 (tiga) bulan atau sampai 1(satu) bulan setelah selesai pemilihan umum, dan apabila yang bersangkutan melakukan kesalahan yang sama, maka akan diberikan surat peringatan atau sanksi yang lebih berat.

Medan, 19 Februari 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Drs. Anton Syahputra.
NIP. 8934676 3466 3545

2. Contoh Surat Teguran PNS Tidak Masuk Kerja

Datang ke kantor dan bekerja setiap hari kerja yang sudah ditentukan adalah kewajiban untuk pns. Jika tidak, maka bisa saja akan menerima surat teguran pns tidak masuk kerja. Bahkan bila tidak juga masuk kerja, maka bisa saja dilayangkan contoh surat panggilan pns tidak masuk kerja.

Contoh surat teguran tertulis bagi pns yang tidak masuk kerja ada banyak. Dan kemungkinan besar, setiap kantor pemerintahan sudah memiliki format surat teguran tertulis untuk pns. Di bawah ini adalah contoh surat teguran pns tidak masuk kerja yang bisa anda pergunakan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/Pemkot_Medan/11/2019

Surat Teguran ini diberikan kepada :

Nama:Intan Permatasari
NIP:897657 3455 2341
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Staff Bagian Administrasi
Unit Kerja:Dinas Pendidikan Kota Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas pelanggaran yang sudah dilakukan oleh Sdri. Intan Permatasari, berupa :

  1. Tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan selama 3 (tiga) hari kerja, terhitung dari tanggal 16, 17, dan 18 November 2019.

Atas pelanggaran yang dilakukan, maka kami terpaksa harus memberikan surat teguran ini. Dan jika yang bersangkutan mengulangi kesalahan yang sama, maka akan diberikan surat peringatan 1.

Demikian surat teguran ini diterbitkan dan diberikan kepada yang bersangkutan, kirannya bisa menjadi pedoman dan perbaikan kesalahan di kemudian hari.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Drs. Anton Syahputra.
NIP. 2983246246 2364 2345

3. Contoh Surat Teguran Disiplin PNS

Surat disiplin kerja atau peraturan kerja di suatu kantor adalah hal yang harus dipatuhi oleh semua pns atau ASN (Aparatur Sipil Negara). Namun tetap saja ada berbagai pelanggaran disiplin yang seringkali dilakukan oleh para pns, hingga mendapat contoh surat teguran disiplin pns dari atasan.

Untuk kesalahan yang kecil, mungkin akan diperingatkan secara lisan saja. Namun jika sudah melampaui batasan, maka seorang atasan berhak menerbitkan surat teguran disipplin asn. Di bawah ini adalah contoh surat teguran disiplin pns yang bisa anda pergunakan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Kota Medan Provinsi Sumatera Utara
Jl. Pageran Diponegoro No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

SURAT TEGURAN DISIPLIN
Nomor : 123/Disdik/Medan/11/2019

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama:Dewi Cahaya
NIP:876546 2344 6437
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Staff Tata Usaha
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas kesalahan dari yang bersangkutan yakni pelanggaran disiplin PNS, berupa :

  1. Keluar kantor pada saat jam kerja, yakni pada jam 14.00, dan kembali ke kantor pada saat jam 15.00 pada tanggal 18 November 2019.

Kami berharap agar semua Pegawai Negeri Sipil selalu menjaga disiplin dan menaati semua peraturan tanpa terkecuali. Atas pelanggaran yang sudah dilakukan, maka kami terpaksa memberikan surat teguran kepada yang bersangkutan.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, untuk bisa dijadikan bahan pedoman dan perbaikan diri ke depannya oleh yang bersangkutan.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Drs. Anton Syahputra.
NIP. 29803475 3466 2342

4. Contoh Surat Teguran Guru PNS

Seorang guru tentu sudah memiliki jadwal mengajar di kelas yang sudah ditentukan. Dan semua jadwal tersebut harus dimasuki tanpa terkecuali. Jika berhalangan, maka bisa meminta izin dan memberitahukan kepada pihak sekolah ataupun guru piket agar mencarikan guru pengganti. Dengan demikian, maka kepala sekolah pun akan bisa mencari guru pengganti dan tidak akan melayangkan surat teguran guru.

Namun jika tidak, maka tentu siswa akan merasakan dampaknya, dimana terjadi kekosongan guru. Dan tindakan seperti ini bisa saja menerima ganjaran berupa contoh surat teguran untuk guru dari kepala sekolah. Di bawah ini adalah contoh surat teguran guru yang bisa anda pergunakan.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/SMAN1/11/2019

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan memandang perlu memberikan surat teguran kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIP:89764234 3455 2342
Pangkat/Gol:Penata Muda/IIIB
Jabatan:Guru Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Surat teguran ini diterbitkan atas pelanggaran yang sudah dilakukan, berupa :

  1. Tidak masuk kerja tanpa pemberitahuan pada tanggal 18 November 2019, sehingga mengakibatkan terjadinya kekosongan guru di kelas selama 6 les.

Kekosongan guru di dalam kelas tentu akan memberikan dampak yang kurang baik untuk para siswa/i. Maka dari itu, kami selalu menghimbau agar setiap guru yang tidak bisa hadir dan masuk  kerja selalu memberitahukan kepada kepala sekolah ataupun guru piket, agar bisa mencarikan guru pengganti untuk sementara.

Demikian surat teguran ini diterbitkan dan berlaku selama 1 (satu) bulan sejak diterbitkan dan ditanda tangani. Jika yang bersangkutan mengulangi kesalahan yang sama, maka akan diberikan surat peringatan 1.

Medan, 19 November 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd.
NIP. 23908254 2346 1234

5. Contoh Format Surat Teguran PNS

Pada umumnya, setiap kantor ataupun lembaga pemerintahan sudah memiliki format teguran tertulis pp 53 tahun 2010. Hal ini dikarenakan semua mengenai yang bisa dilakukan dan tidak bisa dilakukan oleh seorang pns sudah dicantumkan para peraturan pemerintahan tersebut. Bila sewaktu waktu pns melakukan pelanggaran, maka format surat teguran pns tertulis tersebut bisa dipergunakan.

Dengan adanya format surat teguran tertulis tersebut, maka anda akan lebih mudah dalam mengkonsep surat teguran. Maka dari itu, di bawah ini akan kami berikan satu buah contoh format teguran tertulis pp 53 tahun 2010 yang bisa anda pergunakan.

(KOP SURAT INSTANSI/LEMBAGA)

SURAT TEGURAN
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . .

Surat teguran ini diberikan kepada :

Nama: 
NIP: 
Pangkat/Gol: 
Jabatan: 
Unit Kerja: 
Alamat: 

Surat teguran ini diberikan kepada yang bersangkutan, atas kesahalan/pelanggaran yang sudah dilakukan, yakni berupa :

  1. Kesalahan/pelanggaran yang dilakukan oleh PNS yang bersangkutan,
  2. Kesalahan lain (jika ada)
  3. Kesalahan lainnya (jika ada).

Kami berharap agar semua PNS di lingkungan . . . . . . . . . . . . . . .  selalu memperhatikan disiplin sebagai seorang PNS dan menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan. Atas kesalahan yang sudah dilakukan yang bersangkutan, maka kami terpaksa memberikan surat teguran ini.

Demikian surat teguran ini diperbuat, dan apabila yang bersangkutan mengulangi kesalahan yang sama dalam jangka waktu . . . . . . . . . . . . . . . , maka akan diberikan sanksi yang lebih berat lagi.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,

(Nama dan Tanda Tangan).
NIP. . . . . . . . . . . . . . . .

Penutup

Semua peraturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua PNS sudah ditetapkan oleh pemerintah dengan jelas dan detail. Dan bila terdapat anggota pns yang melakukan kesalahan/pelanggaran, maka contoh surat teguran tertulis merupakan cara pertama untuk memperingatkan. Dalam surat ini juga, seorang atasan bisa memberikan hukuman yang harus diterima oleh anggota asn tersebut.

Wajar saja jika semua instansi atau lembaga pemerintahan memiliki format teguran tertulis pp 53 tahun 2010, karena surat teguran tertulis memang harus dipergunakan untuk anggota asn yang melanggar. Itulah beberapa contoh surat teguran pns yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.