16 Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB, Uang, Ijazah

Contoh Surat Kuasa – Walaupun sekarang ini sudah ada banyak tersedia media komunikasi resmi, namun penggunaan surat masih tidak bisa ditinggalkan. Mungkin banyak orang yang sudah tidak menggunakan surat untuk komunikasi pribadi, namun tidak dengan berbagai urusan resmi. Berbagai contoh surat resmi masih sangat sering kita jumpai, baik yang digunakan oleh instansi pemerintahan, perusahaan, lembaga, organisasi, sampai dengan perorangan.

Salah satu jenis surat yang mungkin masih sering kita jumpai digunakan oleh perorangan adalah surat kuasa. Surat kuasa ini merupakan surat yang dipergunakan untuk memberikan kuasa kepada orang lain untuk menyelesaikan atau mengerjakan sesuatu hal atas nama pemberi kuasa. Jadi, dalam surat kuasa akan diberitahukan identitas pemberi kuasa, identitas penerima kuasa, dan juga jenis pekerjaan yang akan dilakukan dengan surat kuasa tersebut.

Ketika anda memberikan surat kuasa kepada orang lain untuk melakukan sesuatu hal, maka berarti anda sudah setuju untuk menanggung segala resiko dari pemberian kuasa tersebut. Maka dari itu, anda harus berhati hati dalam memberikan kuasa kepada orang lain. Jangan memberikan kuasa kepada orang yang kurang anda percayai, karena mungkin saja dia akan menyalahgunakan kuasa yang anda berikan.

Salah satu contoh penggunaan surat kuasa adalah untuk mengambil BPKB Kendaraan bermotor. Ketika anda melakukan pembelian kendaraan bermotor, maka tentu BPKB tidak akan bisa langsung keluar dan harus menunggu setidaknya beberapa minggu. Dan setelah BPKB keluar, ternyata anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya, anda pun bisa menerbitkan surat kuasa dan meminta orang lain untuk mengambil BPKB tersebut. Jadi, orang yang anda berikan kuasa akan bertindak dan bekerja atas nama anda sendiri.

Contoh Surat Kuasa

Ada banyak jenis dan contoh surat kuasa yang mungkin masih sering kita jumpai. Ya, surat ini tidak hanya bisa dipergunakan oleh kelompok saja, namun juga bisa digunakan oleh perseorangan. Namun walaupun dipergunakan oleh perseorangan, tujuan dari penggunaan surat kuasa sudah bisa dipastikan adalah untuk tujuan resmi. Menulis surat kuasa pun sebenarnya bukanlah hal yang terlalu susah.

Namun mungkin masih ada banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana cara menulis surat kuasa yang baik dan benar. Anda pun mungkin membutuhkan beberapa bahan referensi ketika ingin menulis surat kuasa. Maka beberapa contoh surat kuasa di bawah ini mungkin bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB dari Leasing

Ketika anda membeli kendaraan secara kredit, tentu saja anda tidak akan bisa menerima atau meminta BPKB dengan cepat. Anda harus menyelesaikan cicilan kendaraan terlebih dahulu, baru kemudian anda bisa meminta BPKB tersebut. Namun jika sekirannya anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya ke leasing, maka anda pun bisa mewakilkan kuasa kepada orang lain untuk mengambil BPKB tersebut, termasuk kepada bawahan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan BPKB dari leasing di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
No. KTP:89347583857
Jabatan:Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Dengan ini mewakili PT. Maju Mundur yang berkedudukan di Jl. Mahameru No. 123, Medan memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
No. KTP:983745838973
Jabatan:Supir
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123 Medan

Untuk :

Mengambil 1 (satu) buah BPKB Mobil No. 34876876358, dengan perincian sebagai berikut :

  1. Type : Toyota Avanza
  2. Tahun : 2016
  3. Rangka : MHCNHR55EEJ058404
  4. Mesin : M058404
  5. Polisi : BK 4321 CBA
  6. BPKB atas nama : PT. Maju Jaya Sejahtera.

Yang dileasingkan pada PT. Mega Finance sesuai dengan :

Perjanjian nomor : 01.500.520.00.029706.5, Tertanggal : 20 Agustus 2016.

Demikianlah Surat Kuasa ini saya perbuat dengan pikiran yang sehat tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Pensiun

Sebagaimana kita ketahui bersama, PNS memiliki uang atau dana pensiun di hari tua mereka. Namun mungkin saja ketika sudah tua mereka sudah tidak bisa mengambil uang pensiun tersebut. Maka dari itu, pensiunan PNS tersebut bisa memberikan kuasa kepada orang lain, seperti anaknya untuk mengambil uang pensiun tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan uang pensiun di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:8975985235523
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Agama:Islam
Pekerjaan:Pensiunan PNS/Guru
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Disebut sebagai Pihak Pertama dan selanjutnya :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:9832753987235
Jensi Kelamin:Laki Laki
Agama:Islam
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Disebut sebagai Pihak Kedua.

Pihak pertama dengan ini memberi kuasa penuh kepada pihak kedua yang tersebut namanya di atas untuk melakukan penarikan / pencairan Uang Pensiun atas nama AntonSyahputra sejumlah Rp. 1.400.000 ( satu juta empat ratus ribu rupiah ) dengan No Rek : 3976-01-004533-53-8 pada Bank BRI Unit Medan Kota.

Demikianlah Surat Kuasa ini diberikan kepada pihak kedua agar dapat dipergunakan sebagai mana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Kuasa Tanah untuk Mengurus

Ada banyak pemilik tanah yang mungkin tidak memiliki waktu untuk mengurus tanah tersebut, dan mungkin anda adalah salah satunya. Dan jika anda memang tidak memiliki waktu untuk mengurusnya, maka anda pun bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengurus dan mengelola tanah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa tanah untuk mengurus di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:8934758935795
Umur:45 Tahun
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:39847538979347
Umur:37 Tahun
Pekerjaan:Wiraswasta
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123 Medan

K H U S U S

Untuk dan atas nama pemberi kuasa untuk mengurus :

Dua bidang tanah kebun yang terletak di Dusun Tanjung Anom, Kecamatan Pancurbatu, Medan dengan luas 2.500 metere persegi. Dengan ini juga saya tegaskan jika tidak ada yang boleh mengurus tanah tersebut selain dari nama yang disebutkan di atas.

Demikianlah surat kuasa ini saya perbuat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun juga, untuk bisa dipergunakan seperlunya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

4. Contoh Surat Kuasa Khusus Perdata untuk Mendampingi

Jika anda sedang berhadapan dengan hukum atau memiliki sengketa dengan orang lain melalui jalur hukum, maka anda berhak untuk menggunakan jasa pengacara. Maka dari itu, anda pun harus memberikan kuasa penuh kepada pengacara anda untuk melakukan hal hal yang menjadi tanggung jawabnya sebagai pengacara anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa khusus perdata di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang Bertandatangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:3897538495785
Jenis Kelamin:Laki – Laki
Agama:Islam
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini mengaku dan menerangkan telah memberi kuasa kepada :

MUHAMMAD ILHAM, S.H.

Selaku Advokat, Pengacara dan Penasihat Hukum pada “KANTOR HUKUM ADVOKAT ILHAM  & PARTNER” beralamat dan berkantor di Jl. Pertahanan No. 123, Medan.

K H U S U S

Untuk mendampingi, membela serta memberikan nasihat-nasihat hukum terhadap Pemberi Kuasa selaku Terdakwa yang dituduh/disangka telah melakukan/melanggar pasal 27 ayat (3) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi Elektronik (UU ITE).

Dan untuk itu :

Melakukan segala usaha dan tindakan hukum untuk dan atas nama serta kepentingan Pemberi Kuasa dalam perkara yang disangkakan/didakwakan, mendampingi Pemberi Kuasa pada pemeriksaan tingkat Penyidikan, Penuntutan pada Kejaksaan dan mendampingi/membela kepentingan Pemberi Kuasa di Persidangan Pengadilan Negeri Banda Aceh, mengajukan dan menandatangni pledoi, membuat dan menandatangani banding dan memori banding, permohonan kasasi, dan bila dianggap perlu menghadap ke semua Pengadilan, Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung, Polri dan Kejaksaan, Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung, serta pembesar-pembesar dan instansi-instansi pemerintah baik sipil maupun militer, mengajukan segala permohonan-permohonan yang berkaitan dengan perkara ini dan mensahkannya, memberi segala keterangan-keterangan yang dianggap perlu.

Demikianlah surat kuasa ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sesuai dengan maksud pemberian kuasa ini.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham, SH.

5. Contoh Surat Kuasa Khusus Perdata untuk Menggugat

Selain untuk mendampingi anda dalam menghadapi proses hukum, namun anda juga bisa langsung memberikan kuasa penuh kepada seorang pengacara untuk mewakili anda dalam menggugat orang lain. Mungkin anda tidak memiliki banyak waktu, namun ingin menggugat orang lain karena suatu masalah, maka dari itu bisa memberikan kuasa kepada pengacara yang menjadi pilihan anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa perdata untuk menggugat di  bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

SURAT KUASA
Nomor : 123/MJS/SK/08/2019

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera memberikan kuasa kepada :

Muhammad Ilham, SH selaku Advokat yang berkantor di Jl. Pertahanan No. 123, Medan, untuk mewakili pemberi kuasa sepenuhnya sebagai PENGGUGAT di dalam perkara perdata Perbuatan pelanggaran Hukum menghadapi PT. Sukses Makmur yang diwakilkan kepada Intan Permatasari, SH.

Dengan demikian maka penerima kuasa diminta untuk membela hak-hak dan mengurus keperluan pemberi kuasa, melakukan dan menerima tiap-tiap pembayaran, memicu dan menerima kwitansi pembayaran.

  1. Penerima kuasa diperkenankan melakukan tindakan terkait hal hukum kepada tiap-tiap orang di dalam setiap kasus yang terkait dengan perkara tersebut, punya area kediaman hukum, menghadap hakim dan pembesar lembaga pemerintahan.
  2. Penerima kuasa diperkenankan berperkara kepada muka pengadilan negeri di dalam mengajukan gugatan, memberikan jawaban, menolak, dan mengajukan saksi-saksi, menerima dan juga menolak perdamaian, memohon keputusan dan turunan keputusan pengadilan negeri, dan juga memohon sehingga ketentuan pengadilan negeri selamanya tetap dilaksanakan.
  3. Penerima kuasa diperkenankan memicu dan menandatangani surat dan melaksanakan tiap tiap perihal yang seharusnya dikerjakan dan berguna untuk keperluan pemberi kuasa, selama syarat tidak dilarang serta tidak berlawanan dan bertentangan undang-undang dasar.
  4. Apabila penerima kuasa bisa memindah tangankan kekuasaannya itu beberapa atau seutuhnya kepada orang lain, maka diharapkan melakukan konfirmasi terkait pemindahan kuasa yang telah diserahkan.
  5. Penerima kuasa diperkenankan untuk melakukan upaya hukum dari pengadilan tingkat pertama hingga dengan tingkat kasasi.

Demikian surat kuasa ini kami perbuat tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham, SH.

6. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Dari Bank

Jika anda merupakan orang yang sibuk dan memiliki rutinitas yang padat, maka mungkin saja anda tidak memiliki kesempatan untuk mengamil uang ke bank. Namun anda tidak perlu khawatir karena bisa mewakilkan pengambilan uang tersebut kepada orang yang bisa anda percayai. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan uang dari bank di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:3765783653875
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, Menyerahkan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:3765783653875
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Untuk mengambil uang secara tunai sejumlah Rp 100.000.000,- (seratus juta rupiah) di rekening Bank BRI Cabang Iskandar Muda milik saya dengan keterangan sebagai berikut ini :

No. Rekening:123-123-13-539875-235
Atas Nama:Anton Syahputra
Nama Bank:Bank BRI Cabang Iskandar Muda

Setiap akibat dapat sudah menjadi tanggung jawab saya selaku pemberi kuasa. Demikian surat kuasa ini kami membuat dengan yang sesungguhnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

7. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Sekolah

Ijazah sekolah merupakan dokumen yang sangat penting dan berharga untuk setiap orang. Namun mungkin saja ketika tamat sekolah anda langsung bekerja dan sangat sibuk dengan pekerjaan tersebut. Ketika ijazah anda sudah keluar dan anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya, maka anda bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil ijazah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan ijazah di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:8734583334
Alamat:Jl. Amal No. 123 Medan

Selanjutnya disebut dengan PIHAK PERTAMA, memberikan kewenangan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:39487538734
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123 Medan

Yang kemudian disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil ijazah asli dan transkrip nilai lengkap dengan fotokopi yang telah di legalisir dan dibubuhkan tanda tangan surat-surat yang berhubungan dengan pengambilan ijazah sekolah.

Setiap resiko yang muncul akibat dari surat kuasa ini secara penuh adalah tanggung jawab saya. Demikian surat kuasa ini saya buat sesungguh-sungguhnya supaya dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

8. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Dokumen

Ada banyak dokumen berharga yang mungkin sedang anda urus. Salah satunya adalah dokumen dokumen tanah atau sertifikat tanah yang anda urus di kementerian pertanahan. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya, maka anda pun bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil dokumen tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan dokumen di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:3498753875309
Alamat:Jln. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, menyerahkan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:3487653786345
Alamat:Jln. Pertahanan No. 123, Medan

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil alih dokumen sertifikat tanah yang sudah selesai diurus di Kantor Kementerian Pertanahan Nasional, Jl. Perjuangan No. 123, Medan.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan yang sebenar-benarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

9. Contoh Surat Kuasa Untuk Pengambilan Dokumen Berupa Paspor

Ketika anda ingin bepergian ke luar negeri, maka anda harus mengurus paspor terlebih dahulu. Anda pun harus mengurus paspor beberapa saat sebelum bepergian ke luar negeri. Namun ketika paspor anda sudah diterbitkan dan ternyata anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya, maka anda bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil paspor tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan dokumen paspor di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:34987539847
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, memberi kewenangan kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:83947583475
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dan sesudah itu disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil paspor milik PIHAK PERTAMA dengan No. Paspor L772065 yang sudah selesai dalam sistem kepengurusan Visa Schengen-nya di Kedutaan Besar Jerman yang berlokasi di Jln. Perjuangan No. 123, Medan.

Demikian surat kuasa ini kami buat dengan yang sebenar-benarnya supaya digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

10. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Uang Gaji

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang sudah menggunakan sistem transfer untuk gaji para karyawan mereka. Namun tidak tertutup kemungkinan jika masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem gaji tunai, dan diberikan langsung kepada karyawan karyawan mereka. Dan jika anda berhalangan hadir saat hari pengambilan gaji, maka anda pun bisa memberikan kuasa kepada orang lain atau teman sekantor anda untuk mengambil gaji tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan uang gaji di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:38947539587
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA, dengan ini memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:3489573853984
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Yang selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambilkan gaji saya untuk perioade bulan Juli 2019, karena saya harus segera berangkat ke luar negeri dalam rangka negosiasi dengan mitra bisnis.

Setiap perihal yang berhubungan dengan perihal ini saya serahkan kuasa ini kepada pihak kedua. Demikian surat kuasa ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

11. Contoh Surat Kuasa Tanah untuk Menjual

Memiliki sebidang tanah tentu merupakan harta yang lumayan buat setiap orang, terlebih kalau tanah yang dimiliki berada di pusat keramaian. Namun ada banyak orang yang mungkin tidak  bisa memanfaatkan tanah tersebut dan ingin menjualnya saja. Sementara menjual tanah bukanlah perkara yang mudah, butuh perjuangan dan negosiasi terlebih dahulu. Maka dari itu, anda pun bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk menjual tanah yang anda miliki tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa tanah untuk menjual di  bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:39847385345354
Alamat:Jl. Amal No 123, Medan

Memberikan Kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:398473853453
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

untuk menjualkan atas sebidang tanah dengan luas luas 700 m2 dengan no SHM. 117 seri 1123A, yang berlokasi di Jl. Perjuangan No. 123, Medan.

Tidak ada seorang-pun yang memiliki hak untuk menjual dan memasarkan tanah tak kecuali hanya Bapak Muhammad Ilham. Apabila tanah tersebut laku terjual, maka Bapak Muhammad Ilham berhak mendapatkan bagian dengan presentase sebesar 10 persen dari hasil penjualan Tanah tersebut di atas.

Demikianlah surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dalam kondisi sadar, sehat jasmani dan rohani. Dan apabila Pemberi Kuasa melanggar kesepakatan yang sudah ditetapkan, maka dapat diberikan sanksi berdasarkan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

12. Contoh Surat Kuasa Bank

Mungkin ada banyak urusan yang harus anda selesaikan atau anda urus ke bank, salah satunya adalah untuk mengambil uang tunai di rekening yang anda miliki. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke bank, tentu saja anda masih bisa mengambil uang tersebut secara tunai. Anda bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil uang dari rekening yang anda miliki. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa bank di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:398473853453
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:398473853453
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

KHUSUS

untuk melakukan penarikan uang tunai dari rekening atas nama saya di Bank BCA Cabang Imam Bonjol Medan senilai Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah). Adapun rekening saya adalah :

Nama Bank:Bank BCA Cabang Imam Bonjol, Medan
Nomor Rekening:123-456-7-89
Atas Nama:Anton Syahputra

Semua hal yang diakibatkan oleh pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab dan kewajiban saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa bank ini saya perbuat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada tekanan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya,

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

13. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Kuliah

Setelah selesai kuliah, kebanyakan orang tentu akan langsung mencari pekerjaan. Dan jika anda sudah mendapatkan pekerjaan tetap dan disibukkan dengan urusan pekerjaan setiap harinya, mungkin saja anda akan kesulitan untuk meluangkan waktu, walaupun hanya sekedar untuk mengambil ijazah di kampus. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil ijazah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan ijazah kuliah di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:398473853453
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dalam hal ini sebagai PIHAK PERTAMA memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:398473853453
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil Ijazah dan Transkrip Nilai atas nama saya sebagai pemberi kuasa di Universitas Sumatera Utara, Medan.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sadar dan sebenar-benarnya, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

14. Contoh Surat Kuasa Tanah Warisan

Banyak orang tua yang sudah tidak sanggup lagi untuk mengurus tanah yang mereka miliki, sehingga mereka pun memberikan kuasa penuh kepada para anak anak mereka untuk mengurus atau menjual tanah tersebut. Dan jika anda mengalami hal demikian, anda pun bisa mengelola tanah tersebut ataupun ingin menjualnya kepada orang lain jika memang tidak dimanfaatkan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa tanah warisan di bawah ini.

SURAT KUASA

Saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:3520104051980005
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dalam hal ini sebagai PIHAK PERTAMA memberikan kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:352050202198900
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA diberikan kuasa penuh atas sebidang tanah dan rumah yang terletak di Dusun Tanjung Anom, Kecamatan Pancurbatu, Medan yang luasnya 300m2 dengan nomor SHM 23412345 atas nama Anton Syahputra. Tidak seorangpun yang berhak menjual dan memasarkan tanah tersebut selain dari Muhammad Ilham, yang merupakan anak kandung saya selaku pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sadar dan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari siapapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

15. Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB di Showromm

Ketika anda membeli kendaraan bermotor, baik berupa mobil atau sepeda motor, tentu akan membutuhkan waktu untuk menunggu BPKB kendaraan bermotor tersebut dikeluarkan oleh pihak samsat setempat. Dan pengurusan BPKB tersebut biasanya diurus oleh pihak showroom, dimana anda membeli kendaraan tersebut. Maka jika BPKB kendaraan anda sudah keluar, anda pun bisa mengambilnya ke showroom. Namun jika anda tidak memiliki waktu untuk mengambilnya, maka bisa memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengambil BPKB tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat kuasa pengambilan BPKB dari showroom di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NIK:349857398739487
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama:Muhammad Ilham
NIK:348738385739845
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

K H U S U S

Untuk mengambil BPKB Mobil di Showroom Auto 2000, Jl. Sisingamangaraja No. 123, Medan, dengan rincian :

Merk/Type:Toyota/Avanza
No. Rangka:MH324235-3455
No. Mesin:HS-34533465-34
Warna:Putih
Tahun Pembuatan:2019
Nomor Plat:BK 4321 CBA
Nama Pemilik:Anton Syahputra

Dengan ini, maka Saudara Muhammad Ilham memiliki hak untuk mengambil BPKB Mobil dengan rincian tersebut di atas pada hari ini, tanggal 23 Agustus 2019. Segala sesuatu hal yang diakibatkan dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 23 Agustus 2019

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
Anton Syahputra.Muhammad Ilham.

16. Contoh Format Surat Kuasa

Di atas tadi sudah ada banyak contoh surat kuasa yang mungkin bisa anda pergunakan. Sudah ada beberapa contoh, seperti contoh surat kuasa pengambilan BPKB, contoh surat kuasa pengambilan uang, contoh surat kuasa pengambilan ijazah, contoh surat kuasa bank, contoh surat kuasa tanah, contoh surat kuasa pengambilan dokumen, dan lainnya. Dan mungkin salah satu jenis surat kuasa yang paling sering digunanakan adalah surat kuasa pengambilan BPKB. Maka dari itu, kami akan memberikan satu contoh format surat kuasa pengambilan BPKB di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: 
NIK: 
Pekerjaan: 
Alamat: 

Dengan ini memberi kuasa kepada :

Nama: 
NIK: 
Pekerjaan: 
Alamat: 

K H U S U S

Untuk mengambil BPKB Kendaraan Bermotor berupa . . . . . .  di . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . , dengan rincian kendaraan sebagai berikut :

Merk/Type: 
No. Rangka: 
No. Mesin: 
Warna: 
Tahun Pembuatan: 
Nomor Plat: 
Nama Pemilik: 

Dengan ini, maka Saudara . . . . . . . . . . . . . . .  memiliki hak untuk mengambil BPKB Kendaraan bermotor tersebut dengan rincian tersebut di atas pada hari ini, tanggal . . . . . . . . . . . . . . Segala sesuatu hal yang diakibatkan dari pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab saya sebagai pemberi kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya perbuat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, untuk bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

(Nama Kota dan Tanggal)

Pemberi Kuasa,Penerima Kuasa,
tanda tangantanda tangan
NamaNama

Penutup

Sekarang ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.