16 Contoh Surat Pengumuman Sekolah, Dinas, OSIS, dan Libur Perusahaan

Contoh Surat Pengumuman – Berbicara mengenai pengumuman, tentu anda sudah tahu dan mengerti pengumuman, bukan?. Ya, berbagai pengumuman memang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari hari, baik  itu di sekolah, lingkungan pekerjaan, lingkungan kampus, maupun di lingkungan bermasyarakat. Pengumuman ini bersifat pemberitahuan suatu informasi kepada banyak orang.

Jika anda ingin membaca lebih lanjut mengenai penjelasan dan pengertian surat pengumuman, bagian bagian dan jenis surat pengumuman, maka anda bisa membacanya pada Pengertian Surat Pengumuman.

Ya, pengumuman digunakan sebagai media penyampaian informasi kepada banyak orang sekaligus, tidak seperti surat pemberitahuan yang hanya ditujukan kepada satu orang atau satu pihak saja. Salah satu contoh kecil lembaga yang seringkali menggunakan surat pengumuman adalah sekolah. Sekolah tentu memiliki banyak pengumuman, baik pengumuman yang ditujukan untuk para guru sekolah maupun pengumuman yang ditujukan untuk para siswa di sekolah tersebut.

Nah, untuk menyampaikan pengumuman tersebut, pihak sekolah mungkin bisa menyampaikannya ketika baris berbaris di lapangan sekolah atau pada saat upacara bendera. Namun tidak semuanya demikian, karena masih banyak sekolah yang menggunakan surat pengumuman. Jadi, pihak sekolah cukup menempelkan beberapa lembar surat yang sama saja di dinding atau pintu setiap kelas, maka semua siswa di sekolah tersebut akan bisa menerima informasi yang disampaikan dengan lebih mudah dan cepat.

Begitu juga untuk para pemilik badan usaha, seperti perusahaan yang mungkin ingin mengumumkan hari libur bersama kepada para karyawannya. Cukup menempelkan satu kertas surat pengumuman saja di pintu gerbang perusahaan, maka semua karyawan dan staff akan bisa mengetahui jadwal hari libur dengan cepat dan mudah. Hal ini tentu akan sangat efektif sekali dibandingkan harus menyampaikannya secara lisan.

Contoh Surat Pengumuman

Ada banyak jenis jenis surat pengumuman maupun contoh surat pengumuman yang mungkin sering kita jumpai. Menulis surat pengumuman pun bukanlah hal  yang susah, karena tergolong sangat mudah. Namun mungkin masih ada banyak orang yang tidak  begitu paham bagaimana cara menulis surat pengumuman. Baik itu untuk anda yang sudah bekerja dan bertugas menangani urusan surat menyurat, ataupun untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis surat pengumuman.

Ada banyak juga pihak pihak yang seringkali menggunakan surat pengumuman. Beberapa di antaranya adalah instansi pemerintahan, perusahaan, organisasi, dan lembaga lembaga. Untuk mempermudah anda dalam menulis surat pengumuman, berikut di bawah ini beberapa contoh surat pengumuman sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

1. Contoh Surat Pengumuman Sekolah untuk Siswa

Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan yang mungkin seringkali menggunakan surat pengumuman. Seperti yang sudah saya katakan tadi, pengumuman tersebut bisa ditujukan untuk para guru maupun untuk para siswa. Nah, jika pihak sekolah ingin memberikan atau menyampaikan suatu pemberitahuan kepada para siswa, maka bisa menggunakan surat pengumuman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman sekolah untuk siswa di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

PENGUMUMAN
Nomor : 005/PK/60/VIII/2019

Perihal : Pemberitahuan Libur Sekolah

Sehubungan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H pada tanggal 22 Agustus 2019 mendatang, maka SMA Negeri 1 Medan akan meliburkan kegiatan belajar mengajar pada Senin, 22 Agustus 2019 dan masuk kembali pada hari Selasa, 23 Agustus 2019.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, dan kami harapkan para siswa/i bisa memanfaatkan hari libur sebaik mungkin. Selanjutnya, kami dari keluarga besar SMA Negeri 1 Medan, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Medan, 20 Agustus 2019

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

2. Contoh Surat Pengumuman Dinas Kelurahan/Desa

Dalam berbagai kegiatan tertentu, Kelurahan/Desa mungkin perlu memberikan penguman kepada para warga yang berada di lingkungan tersebut. Sebagai salah satu contoh kecil adalah pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha. Pihak Dinas Kelurahan/Desa bisa memberikan pengumuman kepada warga terkait pemberian hewan kurban. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman dinas kelurahan/desa di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KELURAHAN PADANG BULAN KOTAMADYA MEDAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax.061-123456

PENGUMUMAN
Nomor  : 22/KRW04/SP/8/19

Perihal  : Pengumuman

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Warga
Kelurahan Padang Bulan
di Tempat

Dengan hormat,
Segala puji hanya bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat hingga saat ini. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, para sahabatnya dan umatnya yang setia hingga akhir zaman. Teriring doa semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Sehubungan dengan menjelang hari raya idul adha, maka kami selaku pengurus daerah mengumuman bahwa jika Bapak/ Ibu akan mengkuti ibadah kurban, Bapak/ Ibu dapat menitipkan hewan kurban ataupun sejumlah uangnya untuk nantinya dibelikan hewan kurban oleh pihak DKM Kelurahan Padang Bulan mulai tanggal 21 Agustus 2019 mendatang. Untuk info lebih lengkap ataupun untuk pendaftaran hewan kurbannya, Bapak/ Ibu dapat menghubungi RT masing – masing.

Demikian pengumuman ini kami buat dan sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Lurah Padang Bulan,

Anton Syahputra.

3. Contoh Surat Pengumuman Lomba dari BEM

BEM atau Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan salah satu organisasi tertinggi dan terbesar pada suatu kampus. Ada banyak kegiatan yang mungkin dilaksanakan oleh pihak BEM dari suatu kampus tertentu, dimana mungkin melibatkan banyak orang, seperti kegiatan lomba. Nah, untuk mengumumkan lomba tersebut, maka pihak kampus bisa membuat surat pengumuman kepada pihak lain. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman lomba dari BEM di bawah ini.

SEKRETARIAT BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

PENGUMUMAN
No : 018/BEMUIC/08/2019

Hal : Pengumuman Lomba

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia pada 10 September 2019 mendatang, maka kami selaku mahasiswa – mahasiswi yang tergabung kedalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara Kota Medan bermaksud untuk menyelenggarakan lomba menulis cerpen dengan tema “Negara Demokrasi” untuk siswa – siswi SMA dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Hasil karya sendiri (plagiat akan langsung didiskualifikasi dan sanksi sosial)
  2. Tidak mengandung SARA.
  3. Tidak mengandung bahasa kekerasan verbal dan juga tema seks eskplisit.
  4. Karya ditulis dan di print out dengan ketentuan: menggunakan huruf  times new roman  ukuran huruf 12, spasi 1.0, dan minimal 5000 kata.
  5. Karya dikirim ke secretariat BEM Univeristas Sumatera Utara dengan disertai copy kartu identitas pengirim, paling lambat tanggal 1 September 2019.
  6. Karya yang telah dikirim belum pernah dipublikasikan di media massa dan belum pernah diikutkan dalam lomba penulisan cerpen.
  7. Hak publikasi karya yang telah dikirim, menjadi kewenangan panitia dengan mencantumkan nama dan identisas pengarang.
  8. 10 besar, akan dibukukan oleh panitia.
  9. Keputusan dewan juri tak bisa diprotes.

Pengumuman hasil lomba cerpen ini akan diumumkan pada seminar nasonal mengenai buku jendela dunia pada tanggal 10 September 2019 di Ruang Auditorium Universitas Sumatera Utara.

Adapun hadiah yang akan didapatkan oleh peserta adalah :

  1. Juara 1 : Rp 10.000.000 + Sertifikat & Piala +Souveinir
  2. Juara 2 : Rp 5.000.000 + Sertifikat + Souvenir
  3. Juara 3 : Rp 2.500.000 + Sertifikat + Souvenir
  4. 10 Cerpen Terbaik akan dibukukan

Demikian surat pengumuman ini dibuat, dan kami berharap akan partisipasinya.

Medan, 20 Agustus 2019

Ketua BEM Universitas Sumatera Utara,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Pengumuman Dinas Kampus/Perguruan Tinggi

Kampus atau Perguruan Tinggi merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi. Dan lembaga pendidikan ini tentu saja memiliki banyak pengumuman yang ingin disampaikan, terlebih kepada mahasiwa/i di kampus tersebut. Nah, untuk memberitahukan pengumuman tersebut, maka pihak kampus pun bisa menggunakan surat pengumuman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman dinas kampus dan perguruan tinggi di bawah ini.

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
Jl. Universitas No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

PENGUMUMAN
No : 018/BEMUIC/08/2019

“Kelulusan Penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Tahap I”

Berdasarkan hasil seleksi  yang telah dilaksanakan, maka dengan ini kami umumkan daftar mahasiswa yang ditetapkan sebagai penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Tahap I Tahun 2019 (Daftar Mahasiswa Terlampir)..

Adapun ketentuan pencairan dana Beasiswa dan BBP PPA Tahun 2019 Tahap 1 adalah sebagai berikut.

  1. Dana Beasiswa Mahasiswa Berprestasi akan disalurkan langsung oleh Universitas Sumatera Utara dengan besaran dana Rp. 2.100.000,00 (dua juta seratus ribu rupiah) per mahasiswa per semester.
  2. Nomor rekening penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi telah diterbitkan oleh Bank SUMUT Cabang Universitas Sumatera Utara.
  3. Mahasiswa mengambil buku tabungan dan kartu ATM di bagian kemahasiswaan fakultas masing masing dengan terlebih dulu melengkapi aplikasi (formulir) yang telah disediakan dan menyertakan foto copy kartu identitas yang berlaku (KTP) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  4. Pencairan dana dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara ke rekening mahasiswa paling cepat 1 (satu) bulan setelah tanggal pengumuman ini. Dana yang akan disalurkan pada tahap pertama diperuntukkan 1 (satu) semester, yaitu periode 2019.
  5. Penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi tahap ke 2 (dua) untuk periode Februari s.d. Agustus 2019 akan diumumkan lebih lanjut setelah dilakukan verifikasi ulang ketentuan dan persyaratan terhadap penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi tahap pertama ini.
  6. Penerima Beasiswa dan BBP PPA tahap pertama harus memelihara rekening tetap aktif untuk keperluan penyaluran dana pada tahap ke 2 (dua).

Daftar Mahasiswa Universitas Sumatera Utara penerima Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Tahun 2019 Tahap 1 ini ditetapkan berdasarkan SK Rektor Nomor 543/UICKB/VIII/2019 dengan ketentuan apabila kemudian diketahui terdapat kekeliruan dalam penetapan tersebut, akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Rektor Universitas Sumatera Utara,

Anton Syahputra, M. Si

5. Contoh Surat Pengumuman Dinas Perusahaan

Ada banyak hal yang mungkin ingin diberitahukan oleh pihak perusahaan kepada para karyawan/ti mereka. Salah satunya adalah pemberitahuan untuk melaksanakan senam bersama yang mungkin ingin dilaksanakan. Untuk mempercepat penyampaian informasi, maka pihak perusahaan pun bisa menggunakan surat pengumuman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman dinas perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

PENGUMUMAN
No. : 218/PTSAB.3/MJS/2019

Sehubungan dengan adanya program karyawan sehat di lingkungan perusahaan PT. Maju Jaya Sejahtera, maka dengan ini kami bermaksud untuk mengundang Bapak/ Ibu untuk hadir dalam acara senam sehat bersama pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/30 Agustus 2019
Waktu:07.30 – 09.00
Tempat:Lapangan Parkir PT. Maju Jaya Sejahtera

Acara senam ini insyaallah akan rutin diadakan setiap minggunya. Maka dari itu demi kesusksesan dan kelancaran acara ini, kami harap Bapak/ Ibu dapat hadir tepat pada waktunya.

Atas perhatian dan kehadiran Bapak/ Ibu/ Saudara/ Saudari, kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pengumuman Organisasi Karang Taruna

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi yang biasanya berada di lingkungan tempat tinggal, seperti desa atau kelurahan. Tidak jarang organisasi karang taruna ini mengadakan kegiatan tertentu dengan berbagai macam tujuan. Salah satunya adalah kegiatan rekreasi yang mungkin diperuntukkan bagi semua anggota karang taruna tersebut. Maka dari itu, pimpinan karang taruna bisa menggunakan surat pengumuman atas informasi tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman dinas karang taruna di bawah ini.

KARANG TARUNA BAKTI JAYA
KELURAHAN PADA BULAN KOTA MEDAN
Jl. Djamin Ginting No. 123, Medan

PENGUMUMAN
No.  : 013/KK/SPM/08/2019

Perihal  : Info Rekreasi

Berkenaan dengan adanya program Rekreasi bersama seluruh anggota Karang Taruna Bakti Jaya Kelurahan Padang Bulan Kota Medan, kami selaku panitia rekreasi bersama ingin memberikan info tentang acara tersebut. Adapuun acara akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Sabtu/30 Agustus 2019
Waktu:06.00 – Selesai
Tujuan:Wisata Danau Toba

Berikut ini adalah beberapa informasinya :

  1. Biaya total tiap peserta sebesar Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) dan dibayarkan kepada Bendahara Karang Taruna Bakti Jaya, Dewi Cahaya.
  2. Bagi anggota Karang Taruna Bakti Jaya yang tidak bisa ikut, maka tidak perlu membayar biaya rekreasi tersebut.
  3. Pembayaran paling lambat tanggal 27 Agustus 2019 mendatang.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan Saudara/ Saudari, kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Hormat Kami,
Ketua Karang Taruna Bakti Jaya,

Anton Syahputra.

7. Contoh Surat Pengumuman Sekolah Mengenai Kegiatan

Ada banyak kegiatan para siswa yang mungkin ingin dilaksanakan suatu sekolah. Dan tentu saja informasi tersebut harus tersampaikan dengan baik kepada semua siswa/i yang bersangkutan. Maka dari itu, pihak sekolah bisa memberitahukan informasi tersebut dengan menggunakan surat pengumuman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman sekolah mengenai kegiatan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

PENGUMUMAN
Nomor : 123/SMAN1/08/2019

Sehubungan dengan akan diadakannya studi banding ke SMA Negeri 2 Medan pada tanggal 30 Agustus 2019 mendatang, maka dengan ini diberitahukan kepada seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Medan agar segera mempersiapkan diri untuk mengikuti program tersebut.

Program studi banding yang akan dilangsungkan selama tiga hari ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap semua siswa-siswi SMA Negeri 1 Medan dengan sejumlah agenda penting.

Setiap siswa-siswi wajib mengikuti kegiatan studi banding ini tanpa terkecuali. Jika terdapat siswa-siswi yang sedang sakit atau berhalangan hadir, maka yang bersangkutan diwajibkan untuk membuat surat izin yang ditanda tangani oleh Orangtua dan disertai dengan bukti pemeriksaan dari dokter.

Demikian pengumuman ini disampaikant, terima kasih atas perhatiannya.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

8. Contoh Surat Pengumuman OSIS

OSIS sebagai salah satu organisasi resmi di sekolah seringkali dipercaya menjadi panitia dari suatu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah. Maka dari itu, pihak OSIS harus memberikan informasi mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan kepada siswa dengan baik, agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman OSIS di bawah ini.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

PENGUMUMAN
No. : 123/OSIS/SMAN1/08/2019

Diberitahukan kepada semua siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Medan yang sudah terdaftar sebagai peserta tour ke Danau Toba dimohon hadir pada :

Hari:Senin
Tanggal:25 Agustus 2019
Jam:09.00 WIB
Tempat:Aula SMA Negeri 1 Medan

Mengingat betapa pentingnya acara ini, maka kami mohon kepada semua siswa/i agar bisa hadir dengan tepat waktu pada tempat yang sudah ditentukan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra.

9. Contoh Surat Pengumuman Libur Perusahaan

Dalam waktu tertentu, perusahaan tentu akan memberlakukan hari libur. Dan untuk menyampaikan informasi mengenai hari libur tersebut, pihak perusahaan pun bisa menggunakan surat pengumuman yang ditujukan kepada semua karyawan/ti. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman libur perusahaan di bawah ini.

PT. MAJU JAYA SEJAHTERA
Jl. Mahameru No. 123, Medan
Telp. 061-123456, Email : majujayasejahtera@gmail.com
Website : majujayasejahtera.com

PENGUMUMAN
No. : 123/MJS/08/2019

Perihal : Jadwal Hari Libur

Sehubungan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H pada tanggal 22 Agustus 2019 mendatang, maka PT. Maju Jaya Sejahtera akan meliburkan semua kegiatan pekerjaan pada Senin, 22 Agustus 2019 dan aktif kembali bekerja pada hari Selasa, 23 Agustus 2019.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, dan kami harapkan para karyawan/ti bisa memanfaatkan hari libur sebaik mungkin. Selanjutnya, kami dari keluarga besar PT. Maju Jaya Sejahtera, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Direktur PT. Maju Jaya Sejahtera,

Anton Syahputra.

10. Contoh Surat Pengumuman Dinas Pemerintahan

Nah, salah satu pihak yang juga mungkin sering menggunakan surat pengumuman adalah dinas atau instansi pemerintahan. Pengumuman ini bisa diberikan kepada para staff dan karyawan di dalam instansi tersebut ataupun untuk semua dinas dinas atau lembaga yang berada di bawahnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman dinas pemerintahan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DERAH KOTA MEDAN
Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

PENGUMUMAN
No. : 123/DISDIK/08/2019

Sehubungan dengan akan diadakannya Rapat Besar Kedinasan dalam rangka melaksanakan Peraturan Daerah No. 22 Tahun 2019 mengenai penetapan pengambilan cuti dan izin tidak masuk kerja dan Peraturan Daerah No. 65 Tahun 2016 mengenai kewajiban kepemilikan NPWP, maka dimohon kepada Bapak/Ibu untuk hadir pada Rapat Besar tersebut pada :

Hari/Tanggal:Senin/30 Agustus 2019
Tempat:Aula Kantor Dinas Pendidikan Kota Medan
Waktu:09.00 – Selesai

Mengingat pentingnya rapat tersebut maka dimohon Bapak/Ibu hadir tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra, M.Si

11. Contoh Surat Pengumuman Sekolah Mengenai Kewajiban

Sekolah atau lembaga pendidikan mungkin saja memberlakukan beberapa kewajiban untuk siswa berupa pembayaran. Dan biasanya, semua siswa/i harus melunasi kewaijbannya sebelum pelaksanaan ujian semester setiap semesternya. Maka dari itu, pihak sekolah bisa mengumumkan hal tersebut kepada semua siswa/i dengan menggunakan surat pengumuman. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman sekolah mengenai kewajiban di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

PENGUMUMAN
Nomor : 123/SMAN1/11/2019

Mengingat akan diadakannya Ujian Semester Ganjil di SMA Negeri 1 Medan pada tanggal 02 Desember 2019 s/d 08 Desember 2019 mendatang, maka dengan ini kami beritahukan kepada para siswa/i agar segera menyelesaikan adminstrasi dan kewajiban berikut ini :

  1. Melunasi SPP dari bulan Juli s.d Desember Tahun Ajaran 2019/2020
  2. Melunasi uang LKS

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.

Medan, 10 November 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

12. Contoh Surat Pengumuman Dinas Pendidikan

Dinas pendidikan merupakan dinas pemerintahan yang membawahi lembaga lembaga pendidikan pada setiap daerah. Maka wajar saja jika pihak Dinas Pendidikan mungkin akan sering memberikan pengumuman kepada para kepala sekolah di daerah tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat dinas pendidikan di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN DERAH KOTA MEDAN
Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

PENGUMUMAN
No. : 123/DISDIK/08/2019

Berdasarkan surat edaran dari Dinas Pendidikan pemuda no. 165/085/2019 tentang Peringatan Dirgahayu Indonesia yang ke 73, dengan ini diberitahukan kepada seluruh Kepala Sekolah se-Kota Medan untuk melaksanakan upacara hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/17 Agustus 2019
Waktu:10.00 – Selesai
Tempat:Lapangan SMA Negeri 1 Medan

Demikian pengumuman ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan,

Anton Syahputra, M.Si

13. Contoh Surat Pengumuman Lomba MTQ

Lomba MTQ sudah menjadi agenda tahunan di beberapa derah di Indonesia. Dan untuk acara tersebut pihak panitia pun harus mempersiapkan banyak hal, termasuk beberapa pengumuman kepada para calon peserta yang mungkin saja diambil dari setiap sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman lomba MTQ di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
KEMENTERIAN AGAMA KOTAMADYA MEDAN
Jl. Pertahanan No. 123, Medan
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

PENGUMUMAN
No. : 123/KEA/08/2019

Segala puji dan syukur hanya untuk Allah swt, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw, keluarga, sahabat, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya. Aamiin.

Sehubungan dengan akan diselenggarakannya Lomba MTQ se-Provinsi DKI Jakarta yang dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal:Senin/20 September 2019
Waktu:09.00 – Selesai
Tempat:Islamic Center Medan

Melalui surat ini kami beritahukan kepada semua Kepala Sekolah se-Kota Medan, agar mengirimkan dan mendampingi peserta dari sekolah masing masing maksimal 3 siswa.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih

Medan, 20 Agustus 2019

Mengetahui,
Ketua Panitia Lomba MTQ,

Anton Syahputra.

14. Contoh Surat Pengumuman Sekolah Mengenai Hasil Lomba

Di dalam suatu sekolah mungkin saja ada kegiatan perlombaan yang dilaksanakan untuk memacu kreatifitas para siswa. Salah satu contoh kecil adalah lomba menulis puisi dengan tema tertentu. Nah, proses penjurian dan penentuan pemenang tentu akan membutuhkan waktu. Dan setelah menemukan pemenang dari lomba tersebut, maka pihak sekolah bisa membuat pengumuman yang berisikan nama nama pemenang lomba peserta menulis puisi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman sekolah mengenai lomba di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

PENGUMUMAN
No. : 123/SMAN1/08/2019

Perihal : Pemenang Lomba Menulis Puisi

Puji syukur kita panjantkan ke hadirat Tuhan YME karena acara lomba menulis puasa yang kita laksanakan pada tanggal 10 Agustus 2019 sudah berjalan dengan lancar. Kami juga mengucapkan banyak terimakasih untuk para siswa/i yang sudah mengikuti lomba tersebut.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka melalui surat ini kami mengumumkan pememang dari lomba menulis puisi tersebut, yakni :

  1. Juara 1 – Dewi Cahaya
  2. Juara 2 – Muhammad Ilham
  3. Juara 3 – Intan Permatasari

Bersama ini kami dari SMA  Negeri 1 Medan mengucapkan selamat dan tetap berkarya untuk para pemenang, dan untuk yang belum beruntung agar tetap mencoba di lain waktu. Adapun hadiah untuk para pemenang lomba menulis puisi ini akan diberikan langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan pada Senin, 30 Agustus 2019 mendatang, sesaat setelah acara pengibaran bendera.

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 25 Agustus 2019

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan,

Anton Syahputra, M. Pd

15. Contoh Surat Pengumuman Sekolah Mengenai Penerimaan Siswa Baru

Setiap tahunnya semua sekolah tentu melakukan penerimaan siswa baru. Dan untuk memberikan informasi ini kepada masyarakat, pihak sekolah bisa menulis surat pengumuman yang kemudian disebarkan di berbagai tempat. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengumuman sekolah mengenai penerimaan siswa baru di bawah ini.

PEMERINTAH KOTA MEDAN
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 1 MEDAN
Jl. Pendidikan No. 123, Medan
Telp. 061 – 123456; Fax : 061-123456
Email : sman1medan@gmail.com

PENGUMUMAN
Nomor : 123/SMAN1/05/2019

Berdasarkan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kotamadya Medan No. 520/689-DS dan rapat Dewan Guru & Staf Tata Usaha SMA Negeri 1 Medan tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020, maka SMA Negeri 1 Medan menerima Siswa Baru Tahun Pelajaran 2019/2020, dengan ketentuan sebagai berikut :

WAKTU & TEMPAT PENDAFTARAN

Pendaftaran:20 Mei 2019 – 20 Juni 2019
Pukul:08.00 – 13.00
Tempat:SMA Negeri 1 Medan

PERSYARATAN PESERTA DIDIK BARU

  1. Umur maksimal 18 tahun,
  2. STTB/ Ijazah Asli beserta fotocopy 3 Lembar di legalisir,
  3. Memiliki SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) SMP/MTs/sederajat beserta fotokopi 3 lembar dilegalisir,
  4. Mengisi Formulir Pendaftaran,
  5. Potokopi Surat Keterangan LULUS dari Kepala Sekolah bagi yang belum mendapatkan SKHUN,
  6. Potokopi Raport Semester 1 s.d. 5 yang dilegalisir sebanyak 3 lembar,
  7. Pas Photo HITAM PUTIH:  3 x 4 sebanyak 6 lembar dan 2 x 3 sebanyak 3 lembar,
  8. Biaya pendaftaran Rp 50.000/

Demikian informasi ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Medan, 10 Mei 2019

Mengetahui,
Ketua Panitia Penerimaan Siswa Baru
SMA Negeri 1 Medan TA. 2019/2020,

Anton Syahputra, S. Pd

16. Contoh Format Surat Pengumuman

Jadi ada begitu banyak jenis jenis surat pengumuman dan contoh surat pengumuman yang sering digunakan sekarang ini. Namun salah satu jenis surat pengumuman yang mungkin paling sering digunakan adalah contoh surat pengumuman libur sekolah. Maka dari itu, kami akan memberikan contoh format surat pengumuman libur sekolah di bawah ini sebagai bahan referensi untuk anda sekalian.

(KOP SURAT SEKOLAH)

PENGUMUMAN
Nomor : . . . . . . . . . . . . . . . . .

Sehubungan dengan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ., maka bersama ini kami beritahukan jika . . . . . . . . . . . . . . . . . .  akan meliburkan kegiatan belajar mengajar, terhitung sejak tanggal . . . . . . . . .  s/d . . . . . . . . . . dan proses belajar mengajar akan aktif kembali pada tanggal . . . . . . . . . .

Demikian informasi ini kami sampaikan, dan kami berharap agar para siswa/i bisa memanfaatkan hari libur sebaik mungkin. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

(Nama Kota dan Tanggal)

Mengetahui,
Kepala Sekolah . . . . . . . . . ,

(Nama dan Tanda Tangan)

Penutup

Sekarangi ini teknologi memang sudah sangat maju dan canggih. Anda pun sudah bisa berkomunikasi dengan mudah dan sangat cepat. Bukan hanya sekedar berkirim pesan saja, bahkan anda pun sudah bisa melakukan video call dan bertatap muka langsung dari layar smartphone atau layar komputer anda. Kendati demikian, penggunaan surat tetaplah tidak bisa ditinggalkan, karena berbagai urusan dan keperluan masih sangat membutuhkan surat sebagai media komunikasi yang resmi.