16 Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Yang Baik

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan – Memiliki jabatan tertentu, berarti memiliki tanggung jawab yang lebih dari sekedar anggota. Misalnya saja jabatan di dalam pekerjaan, semakin tinggi jabatan, maka pastinya tanggung jawab juga akan semakin berat. Jadi tidak heran jika ada beberapa orang yang mungkin berniat mengundurkan diri dari jabatan yang diduduki karena alasan tertentu.

Bukan hanya di dunia pekerjaan, jabatan yang diemban juga bisa berupa di bidang organisasi. Khusus untuk organisasi, semakin tinggi jabatan anda, maka biasanya waktu dan pikiran anda akan semakin tercurah kesana. Jika anda merasa sudah kurang mampu untuk mengemban jabatan tersebut dikarenakan kesibukan lain, maka bisa mengajukan permohonan pengunduran diri kepada atasan ataupun pimpinan.

Mengundurkan diri secara resmi dari jabatan tertentu memang sangatlah perlu anda lakukan. Dengan demikian, berarti anda sudah bertanggung jawab terhadap jabatan yang anda emban. Anda juga akan lebih dihormati jika memberikan surat pengunduran diri dari jabatan beberapa hari atau minggu sebelum benar – benar berhenti dari jabatan tersebut.

Sebaliknya, jika anda mengundurkan diri tanpa pemberitahuan, maka tentu anda akan dianggap kurang profesional dan bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Terutama untuk jabatan – jabatan strategis, maka sudah menjadi hal wajib menyerahkan surat permohonan resign dari jabatan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Menulis contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign bukanlah hal yang terlalu susah. Hanya saja anda harus memperhatikan struktur surat, bahasa yang baik dan sesuai EYD, serta tidak menyinggung perasaan. Juga berikan surat permohonan pengunduran diri beberapa hari atau minggu sebelum benar – benar berhenti. Dengan demikian, mereka akan bisa mencari pengganti anda terlebih dahulu.

Untuk anda yang baru pertama kalinya menggunakan surat pengunduran diri dari jabatan, mungkin akan sedikit sulit untuk menulisnya. Juga untuk anda yang masih sekolah atau kuliah dan mendapat tugas untuk menulis contoh surat ini. Maka dari itu, di bawah ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri dari jabatan yang bisa anda pergunakan sebagai referensi.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Struktural

Jabatan struktural maksudnya adalah jabatan yang secara tegas ada dalam struktur organisasi. Adapun jabatan struktural bisa kita temukan di berbagai instansi pemerintahan, organisasi, dan juga lembaga. Ketika berniat mengundurkan diri dari jabatan struktural yang anda duduki, maka sebaiknya memberikan surat permohonan resign kepada atasan/pimpinan ataupun dinas terkait. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan struktural yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotamadya Medan
Cq. Bapak Walikota Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Juni 1975
NIP:78345753 3466 2387
Pangkat/Gol.:Pembina / IV/A
Jabatan:Kepala Dinas Pariwisata
Unit Kerja:Dinas Pariwisata Kotamadya Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan alasan kesehatan yang kurang memungkinkan untuk memimpin sebuah instansi pemerintahan lagi.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya melampirkan beberapa dokumen penting sebagai berikut :

  1. Surat permohonan pengunduran diri secara hormat atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan tanpa hak dana pensiun,
  2. Surat pernyataan tidak memiliki kewajiban pembayaran hutang yang pemberianya berhubugan dengan status sebagai Pegawai Negeri Sipil,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan dari istri atas permohonan pemberhentian dari jabatan Pegawai Negeri Sipil,
  4. Fotokopi surat keputusan pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sudah dilegalisir,
  5. Fotokopi surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang sudah dilegalisir,
  6. Surat pernyataan telah mengembalikan semua barang milik/kekayaan negara.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sepenuhnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatiannya dan putusan yang diberikan, saya mengucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.
NIP. 78345753 3466 2387.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Fungsional

Berbeda dengan jabatan struktural, jabatan fungsional tidak tercatat dalam struktur organisasi, namun memiliki peranan yang sangat penting. Jabatan fungsional meliputi guru, dosen, perawat, bidan, apoteker, dokter, ataupun beberapa jabatan lainnya. Ketika berniat mengundurkan diri dari jabatan fungsional, maka cobalah mempertimbangkannya secara matang. Anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari jabatan fungsional di bawah ini.

SURAT PERMOHONAN PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohohonan Pengunduran Diri
Lampiran : –

Kepada Yth,
Kepala Rumah Sakit Umum Pirngadi
Jl. H. Muhammad Yamin No. 123
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dr. Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/15 Juni 1980
Jabatan:Dokter
Unit Kerja:RSU Pirngadi Medan
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan berat hati saya harus menyampaikan permohonan pengunduran diri dari jabatan dokter di Rumah Sakit Umum Pirngadi. Adapun alasan permohonan pengunduran diri ini dikarenakan saya membuka tempat praktek dan ingin fokus melayani pasien disana.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan untuk saya bekerja di Rumah Sakit Umum Pirngadi. Ada banyak pengalaman dan keterampilan yang saya dapatkan selama bekerja disini dan akan saya pergunakan untuk melayani para pasien saya.

Tidak lupa, saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf yang sebesar – besarnya, bilamana selama bekerja disini saya pernah melakukan kesalahan. Saya berharap, RSU Pirngadi semakin maju dan bisa menjadi salah satu lembaga kesehatan terbesar di Medan dan memberikan pelayanan terbaik kepada para pasien.

Demikian permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya dan tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun. Atas perhatiannya dan kebijaksanaanya saya ucapkan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Dr. Muhammad Ilham.

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Bendahara

Jabatan bendahara biasanya bisa kita temukan di dalam suatu organisasi dan memiliki peranan yang sangat penting. Maka dari itu, sebaiknya berikan surat pengunduran diri beberapa waktu sebelum anda benar – benar berhenti, agar tidak sempat terjadi kekosongan jabatan bendahara. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari jabatan bendahara di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa USU
Cq. Penasehat BEM USU
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIM:893459357
Jurusan:Matematika
Semester:6 (Enam)
Jabatan:Bendahara BEM USU
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

dengan ini bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Bendahara Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sumatera Utara, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya harus lebih fokus menyelesaikan studi dan tidak memiliki banyak waktu lagi untuk organisasi.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya atas kesempatan dalam mengemban jabatan ini. Berbagai pengalaman berharga saya dapatkan dan tentunya tidak akan saya lupakan. Saya juga memohon maaf bilamana pernah melakukan kesalahan dan tidak bisa menyelesaikan jabatan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Ketua

Jabatan ketua merupakan salah satu jabatan yang sangat tinggi pada suatu organisasi atau perkumpulan. Jabatan ini memang tidak hanya kita temukan dalam organisasi saja, namu juga lembaga tertentu. Jika hendak mengundurkan diri dari jabatan ketua, maka anda harus menyampaikannya secepat mungkin, agar segera bisa dicari ketua pengganti. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan ketua yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Pimpinan Pusat HMI
(Himpunan Mahasiswa Islam)
di Jakarta

Assalamu’alaikum, wr.wb.
Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Muhammad Ilham
Tempat/Tgl Lahir:Medan/20 Agustus 1995
Jabatan:Ketua HMI Cabang Medan
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan ini mengajukan pengunduran diri dari Kepengurusan HMI Cabang Medan Periode 2017 – 2020 sebagai Ketua Cabang. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah karena kewajiban akademis di kampus yang mendesak.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya sudah diberikan amanah untuk mengemban tanggung jawab ini. Saya juga menyampaikan permohonan maaf bilamana pernah melakukan kesalahan dan karena tidak bisa menyelesaikan masa jabatan saya sebagai Ketua Cabang HMI Medan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan atas inisiatif sendiri dan tanpa adanya pengaruh dari pihak lain. Atas perhatian dan kebijaksanaanya saya menyampaikan terimakasih.

Wa’alaikumsalam, wr.wb.

Hormat Saya,

Muhammad Ilham.

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Ketua Organisasi

Menduduki jabatan sebagai ketua dalam suatu organisasi tentu akan memiliki banyak tanggung jawab. Seperti ketua osis, ketua organisasi mahasiswa, ataupun organisasi lainnya. Ketika berniat mengundurkan diri dari jabatan ketua organisasi dikarenakan alasan tertentu, maka anda harus menyampaikan permohonan resign terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari organisasi jabatan ketua organisasi di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Pembina OSIS
SMA Negeri 1 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
NISN:8745765
Jabatan:Ketua OSIS
Alamat:Jl. Pertahanan No. 123, Medan

bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Medan, terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang. Saya benar – benar meminta maaf karena tidak bisa menyelesaikan masa jabatan saya. Adapun alasan pengunduran diri saya ini adalah karena kurangnya persetujuan dari orang tua.

Saya mengucapkan terimakasih karena sudah diberikan kepercayaan untuk menjabat sebagai Ketua OSIS. Saya juga menyampaikan permohonan maaf bilamana pernah melakukan kesalahan kepada Bapak Pembina OSIS ataupun kepada rekan – rekan siswa yang lain.

Demikian surat undangan ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Struktural PNS

Jabatan struktural PNS merupakan jabatan yang tercantum pada struktur instansi pemerintahan ataupun lembaga pemerintahan. Bisa dibilang jika jabatan struktural ini merupakan jabatan yang strategis. Jadi jika anda ingin mengundurkan diri dari jabatan struktural PNS, cobalah mempertimbangkannya secara matang. Jika sudah, maka anda pun bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri dari jabatan struktural pns di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 6 (Enam) Lembar

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham
Camat Kecamatan Medan Baru
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra
Tempat/Tgl Lahir:Medan/30 Juni 1985
NIP:984595487 3455 2363
Jabatan:Sekretaris Camat
Unit Kerja:Kantor Camat Medan Baru
Alamat:Jl. Pertempuran No. 123, Medan

dengan ini menyatakan dengan sebenar – benarnya, tanpa adanya unsur paksaan dari siapapun dan dari pihak manapun, bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Sekretaris Camat Medan Baru.

Pengunduran diri saya ini akan efektif berlaku terhitung dari tanggal 30 Juni 2019 mendatang, dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan saya untuk melaksakan tugas sebagai Sekretaris Camat.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya sudah melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut :

  1. Surat permohonan pengunduran diri dari status Pegawai Negeri Sipil tanpa menerima dana pensiun,
  2. Surat pernyataan tidak keberatan dari istri terkait pengunduran diri yang saya ajukan,
  3. Fotokopi SK Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil yang sudah dilegalisir,
  4. Fotokopi SK kenaikan pangkat terakhir yang sudah dilegalisir,
  5. Surat pernyataan tidak memiliki hutang yang pemberiannya berkaitan dengan status sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil,
  6. Surat pernyataan sudah mengembalikan semua hak milik/kekayaan negara.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.
NIP. 984595487 3455 2363.

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Perangkat Desa

Jabatan perangkat desa biasanya berdasarkan periode waktu kepala desanya sendiri, terkecuali sekretaris desa yang memang pada umumnya merupakan PNS. Jika masa jabatan anda belum habis namun ingin mengundurkan diri, tentu tidak ada salahnya. Namun anda harus mengajukan surat permohonan pengunduran diri kepada kepala desa setempat. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan perangkat desa yang bisa anda pergunakan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Desa Padang Bulan
Kecamatan Medan Baru
Medan

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Herman Sumarsono
Tempat/Tgl Lahir:Medan/25 Agustus 1987
Jabatan:Anggota TPK
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri dari jabatan sebagai Anggota TPK di Desa Padang Bulan Medan Periode 2018 – 2020. Adapun pengunduran diri ini dikarenakan saya memiliki kesibukan di bidang usaha dan tidak memiliki waktu untuk melaksanakan tugas sebagai perangkat desa.

Saya mengucapkan terimakasih karena sudah diberikan kesempatan sebagai perangkat desa. Saya juga meminta maaf jika pernah melakukan kesalahan dan karena saya tidak bisa menyelesaikan masa tugas saya.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan dengan sebenarnya, dan tanpa adanya pengaruh dari siapapun. Atas perhatiannya, saya menyampaikan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Herman Sumarsono.

8. Contoh Surat Resign Dari Jabatan PNS

Ada banyak jabatan PNS yang bisa kita temukan, mulai dari jabatan di instansi pemerintahan sampai dengan lembaga pemerintahan, bahkan juga lembaga pendidikan. Anda pun tidak bisa sembarangan berhenti dari jabatan PNS, namun harus melampirkan beberapa berkas pada saat pengajuan permohonan resign. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat pengunduran diri dari jabatan pns di bawah ini.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri
Lampiran : 7 ( Tujuh) Lembar

Kepada Yth,
Kepala Badan Kepegawaian Daerah
Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Intan Permatasari
NIP:89357535 3643 2632
Pangkat/Gol:Penata Muda / IV/B
Unit Kerja:Dinas Pertamanan Kota Medan
Alamat:Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai PNS Kotamadya Medan, dengan alasan kesehatan yang tidak memungkinkan untuk saya bekerja lagi.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan dokumen sebagai berikut :

  1. Surat permohonan diberhentikan secara hormat dari jabatan Pegawai Negeri Sipil,
  2. Surat pernyataan tidak keberatan tanpa mendapatkan dana pensiun,
  3. Surat pernyataan tidak keberatan dari suami,
  4. Surat keputusan pengangkatan Pegawai Negeri Sipil yang sudah dilegalisir,
  5. Surat keputusan kenaikan pangkat terakhir yang sudah dilegalisir,
  6. Surat pernyataan tidak memilik hutang yang pemberiannya berkaitan dengan jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil,
  7. Surat pernyataan sudah mengembalikan semua hak milik/kekayaan negara.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaanya saya menyampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Intan Permatasari.
NIP. 89357535 3643 2632.

9. Contoh Surat Resign Dari Jabatan Kepala Sekolah

Jabatan tertinggi dalam sekolah adalah kepala sekolah, dimana tentu tidak bisa terjadi kekosongan jabatan begitu saja. Anda pun harus mengajukan permohonan resign kepada kementerian terkait dari jauh – jauh hari, serta melampirkan beberapa dokumen wajib. Di bawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan kepala sekolah yang bisa anda pergunakan.

Medan, 30 Mei 2019

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Kepala Dinas Pendidikan
Kotamadya Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Anton Syahputra, M.Pd
NIP:87345935 3453 2366
Jabatan:Kepala Sekolah
Unit Kerja:SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Pendidikan No. 123, Medan

Dengan ini menyampaikan permohonan pengunduran diri dari Jabatan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan. Adapun alasan pengunduran diri ini dikarenakan saya merasa kurang mampu melaksanakan tanggung jawab sebagai Kepala Sekolah dan memilih untuk menjadi guru mata pelajaran biasa.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan, atas perhatian dan keputusan yang diberikan, saya menyampaikan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra, M.Pd
NIP. 87345935 3453 2366.

10. Format Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan

Ada banyak jabatan struktural maupun jabatan fungsional yang bisa kita temukan di instansi pemerintahan, lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan, badan usaha, dan juga organisasi. Ketika anda mengundurkan diri dari jabatan tertentu, maka harus menyerahkan surat permohonan resign terlebih dahulu. Di bawah ini adalah contoh format surat pengunduran diri jabatan guru kepada kepala sekolah yang mungkin bisa anda pergunakan.

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Perihal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth,
Bapak Muhammad Ilham, M.Pd
Kepala Sekolah SMP Negeri 123 Medan
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Dewi Cahaya, S.Pd
NIP:98457345 3462 9835
Jabatan:Guru Matematika
Alamat:Jl. Merpati No. 123, Medan

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Guru Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 123 Medan. Adapun alasan pengunduran diri ini adalah karena saya akan segera melahirkan anak pertama dan ingin fokus mengurus keluarga.

Demikian surat pengunduran diri ini saya sampaikan tanpa adanya pengaruh dari siapapun dan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kebijaksanaan dari Bapak Kepala Sekolah, saya menyampaikan terimakasih.

Medan, 30 Mei 2019

Hormat Saya,

Dewi Cahaya, S.Pd.
NIP. 98457345 3462 9835.

Penutup

Ketika anda berniat mengundurkan dari jabatan apapun, maka anda harus menyampaikan contoh surat pengunduran diri dari jabatan sebagai bentuk tanggung jawab. Ada banyak jenis surat pengunduran diri yang bisa anda pergunakan, tergantung dari jabatan yang anda duduki. Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa anda pergunakan sebagai bahan referensi.